Friday, November 17, 2006

tips "belajar"

"iih tipsnya basi bgt??"
yah yg namanya belajar emang slalu basi n ngebosenin!
trs terang gw jg paling males ama yg namanya belajar, makanya waktu dosen gw bilang profesi kta ini menuntut 'long life study', hrs belajar dan belajar terus biar ga ktinggalan..
BLEEEH..gw langsung mikir, kayaknya gw salah masuk fakultas nih..
yaah tp setelah gw pikir2 semua profesi harus gtu juga deh,huhuhuhu..

makanya, akhirnya gw bwt tips yang sangat tidak valid ini.
sbnrnya sih hanya untuk konsumsi sendiri, klo2 ntar suatu saat dalam proses belajar itu gw mengalami stuck, jenuh, ataupun sembelit.

dan mungkin juga bisa untuk orang2 seperti gw yg "so little time" (bwt belajar dan bekerja) "so much to do" (bwt jalan2, bobo ciang, maen ps),;b

yak, kta mulai saja (tarik napas dalem2 dan tahan...) :

1. Refreshing

Refreshing ini perlu bgt sblm kta mulai bljr.
jadi klo kmu pgn shopping..ya shopping dl aja.
klo kmu pgn pacaran dl..monggo.
kmu pgn dugem dulu..silahkeun.
pokoknya apapun yg bsa bkn kmu seger kembali, ya lakuin dulu aja jgn ditahan2.
takutnya klo klamaan dtahan, bakalan sembelit.

syaratnya refreshing boleh dilakukan ampe paliing lambat 2 hari b4 ujian.

2. Siapin smua buku dan bahan
Masuk tahap kdua, yg rada berat dkt. skrg smua bahan ujian harus kta kumpulin, jgn ada yg ktinggalan, terutama bocoran soal.
klo ga dpt bocoran soal, minimal harus tanya kiri dan kanan soal2 yg sering keluar kyk gmana sih.
ini brguna bwt panduan belajar,biar kta ga tll mabuok baca satu buku.

klo masih ga dapet juga, yaah kepe'an temen yg udah lengkap nan rapi jg boleh kita pinjem huehehe...

3. Tandai yg penting2 pake stabilo
Eh ga hrs pake stabilo ding, pake faber castle ato snowman jg boleh.
maksudnya kta baca buku secara cepet dan tandai hal-hal yang penting aja.

klo mo diksh gambar2 jg boleh, at least ini bisa sedikit membantu mengingat2 pd waktu ujian.

contoh kasus

kunyil : "oya..gw inget pernah baca topik ini, waktu itu gw gambarin kucing buduk di halamannya."
temen kunyil :" wah jenius lo nyil..jd ape jwbnnye? cepetan dunk!
kunyil : (termenung smbil garuk2 ga jelas)
"hehe..ga tau ndul,gw jg cm inget warna kucing buduknya itu item kudel bgt."
temen kunyil :" waaiiiaah..."

4. pasang target
Abis baca smua bahan, kta susun hal-hal apa aja yang mo kta apalin bgt.
target sbaiknya ga usah muluk-muluk, hal itu malah bisa mbuwat kta males bljr krn kaga pernah ksampean, hehe..


Misalnya niy kta mo ujian yg ngeliat bahannya aja kita mungkin udah mual2 (KITA?? elo kaliii...)

naah klo udah kjadian kyk gni, gw biasanya bnr2 jd ilfil bljr. yg ada gw cm bakalan ngulet2 d kasur sambil sesekali melirik tumpukan buku di ujung kaki gw dg pandangan nista.
Bisa ditebak selanjutnya..gw baru kbangun shubuh dan ga ada sedikitpun bahan yg udah gw baca

(*dukk..dukk..dukk..* suara membentur-benturkan kepala k dinding-red)

Makanya skg klo mo bljar emg kudu pasang target.
Target harus dimulai dari yg dasar2 dulu, misalnya klo kta mo mpelajari suatu penyakit, kta hrs tau dulu apa si definisinya. udah tau itu, kta pasang target lagi, "masa' si gw,sebagai calon dokter yg cantik nan molek (bleeeh,bahasanya itu lhoo), ga tau penyebab ma terapinya?? duuh gebleknya..."

klo udah paham itu, dan kta masih ada waktu bolehlah ditambah teori yg agk njelimet dkt kyk patogenesis penyakit,de el el...
ato klo kta msh krg puas (ato bnr2 krg krjaan), blh aja kta nambah dengan meneliti terapi genetika termutakhir untuk penyakit tsb. Kali aja bisa dapet hadiah nobel. weleh weleeh...

5. fokus
entah karena keimanan gw yg suka diragukan ato emang suka banyak cobaan klo kita lg mo berbuat baek, prasaan gw klo lg belajar banyak bgt setan2 blegug yg suka seenaknya ilir mudik.

setan blegug : "nyil, ada pelem bgs tuh di tipi"
kunyil : "iye tau, tp gw lg sbk bgt bljr niy. gile bsk ujian,bnyk amat yg blm gw baca"
setan blegug : "tp represing dululah nyil, pelemnya lucu bgt tuh, rugi lho ntar"
kunyil : "ntr bljrnya gmana dunk??"
setan blegug : "tng nyil, ini kan baru jam8 malem. msh banyak waktu mpe pagi
kunyil : "hehe..iya juga ya..."

(dan akhirnya s kunyil pun menonoton tipi ga brenti2 ampe malem. abis itu kunyil kcapekan dan lsg bobo. bsknya seperti biasa kembali terdengar suara tembok teraniaya di waktu subuh).

kjadian kyk gini nih sering bgt gw alami, entah itu godaan untuk nonton tipi, nghayal, baca majalah, ato ngulet2.

untuk mengatasinya, kita harus POKUSYH.
caranya taro jam segede gaban di depan kita. abis itu atur waktu.

misalnya,kita harus selese bab ini dalam waktu 2 jam, sebelum jam 8 teng, krn gw mo nonton pelem.
nah dg kyk gini klo pikiran kita mulai kmana2, kita cepet mbalikinnya lagi.
"Oya ya,gw baru boleh nonton pelem klo gw dah slese baca bab ini."


klo gw biasanya ngaturnya tiap abis stgh jam bljr, gw dapet bonus waktu 10 menit free bwt ngapain aja.
tp kadang2 gw sk kebalik pngaturan wktunya, hehe....


6. Cari temen
klo lima langkah di atas belum bisa berhasil juga, kyknya kudu jalankan plan B de..yaitu ENG ING ENG.. cari temen yg pinter dan baek hati,
inget: kedua kata sifat ini tidak dapat dipisah, karena klo berdiri sendiri2 ga bakal terlalu berguna dalam ujian.. :b

7. berdoa
ini langkah terakhir, tp bener2 yg paling vital.
pokonya stiap jwb soal, mau soal tertulis ataw lisan, mo brapapun jumlahnya, selalu awali dengan bismilah dan akhiri dengan alhamdulilah..( maap ya, soalnya cuma ini yg gw apal, hehe..)


yak cukup sekian. skali lagi ini amt sgt tdk valid, important, dan applicable klo di critical appraisal menurut evidence based medicine (cailahh fufufu..)

met belajar ya..

4 Comments:

Blogger grapz said...

woooi...g salah loe ngasih tips belajar hehehehe....

dan tips mu tung turtungtungtung..???

ngaco abiesss....yo i hidup ngaco!!!

btw: kynya blog kt b2 bisa buat orang laen g percaya sama dokter ya tung...wong kita gendeng toh nduk nduk... *geleng kepala*

6:07 AM  
Blogger pulass said...

loe sama gilanya dengan kodok..
weirdo..
salam knaal...pissss..

5:17 AM  
Blogger undil said...

tip nomer 5 belajar dari yg dasar2 dulu? Kalo dibalik gimana kuny, kalo waktunya mepet bljr dari ujung dulu baru ke dasar. Kaya makan sate itu loh. Biar sampe ujung yg dasarnya gak lupa lagi.(commentnya serius amat yah!!! tp cocok buat yg merasa dirinya pelupa hehehehe).

btw. kalo digabung dg tipsnya kodok hasilnya bisa pup sambil belajar yah!.

8:52 PM  
Blogger ANIMALS said...

Mau dapat penghasilan tambahan di internet
kunjungi http://bagi-blogsahabat.blogspot.com/search/label/dolar

9:37 AM  

Post a Comment

<< Home